Minggu, 18 Mei 2008

Tema : Teknologi

BBM Alternatif Bisa Diperbaharui dan Ramah lingkungan

Bisa Habis
BBM atau bahan bakar minyak yang biasa kita gunaka adalah bensin, solar, dan minyak tanah. BBM itu diambil dari dalma tanah. BBM berasal dari fosil yang sudah terkubur selama jutaaan tahun. Meski jumlahnya cukup banyak, kalau diambil terus menerus, lama-lama akan habis. Kita tidak akan bisa menggantinya. Sekarang saja, katanya persediaan BBM di perut bumi sudah tinggal sedikit.

Bisa Biki Polusi
Asap knalpot kendaraan hasil pembakaran BBM juga tidak ramah lingkungan. Ia menjadi penyebab utama polusi udara. BBM yang dipakai untuk menjalankan kendaraan bermotor atau untuk menjalankan mesin pabrik, menghasilkan zat beracun, seperti CO2 dan CO. Zat-zat itu bila dihirup bias menyebabkan ganguan pernapasan, bahkan bias menyebabkan sakit kanker.

Dari Tanaman dan Hewan
Nah, dari dua alasan itulah rupanya para ahli menyarankan kita semua untuk segera mencari dan menggunakan BBM alternatif. BBM alternatif adalah BBM lain selain BBM tadi. BBM alternatif harus bias diperbaharui dan ramah terhadap lingkungan. Ada banyak BBM alternatif yang banyak ditemukan, tetapi kita belum mengenalnya karena belum diperbanyak dan diperjual belikan. BBM alternatif itu berasal dari tumbuh-tumbuhan dan lemak serta kotoran hewan. Berikut adalah BBM alternatif tersebut :

Minyak Buah Jarak
Pohon jarak biasa ditanam petani untuk pagar atau pembatas tanah. Daunnya diambil untuk makanan ternak. Dari hasil penelitian, ternyata buah jarak bisa dijadikan minyak yang kualitasnya sama dengan solar.
Cara membuatnya sederhana sekali, 10 Kg buah jarak dikukus selama 1 jam kemudain diblender, setelah itu diperas hingga minyaknya keluar. Biasanya 10 Kg buah jarak bias menghasilkan sekitar 3,5 liter minyak, nah minyak itulah yang bias digunakan sebagai bahan baker.

Gas Kotoran Ternak
Dari kotoran hewan atau bahan tanaman yang telah membusuk akan keluar gas yang disebut Biogas. Biogas itu bila ditampung dalam wadah yang tertutup, kemudian dibuatkan saluran yang dihubungkan ke kompor, maka biogas itu bisa digunakan untuk menyalakan kompor.
Menurut penelitian, keluarga dengan anggota berjumlah 5 orang, memerlukan sekitar 1,25 meter kubik biogas untuk memasak sehari. Biogas sebanyak itu bias dihaslkan dari sekitar 40 Kg kotoran sapi. Kotran sebanyak itu bisa diperoleh dari kira-kira 4 ekor sapi.

Minyak Jelantah Setara dengan Solar
Kalau kita menggoreng ikan, kita akan mendapakan sisa minyak, namanya minyak jelantah. Minyak jelantah itu agak kental dan berwarna kehitaman. Bila digunakan untuk menggoreng makanan lagi, minyak jelantah itu bisa menimbulkan berbagai penyakit, antara lain kanker dan jantung. Karena itu seringkali minyak jelantah itu dibuang.
Sekarang kita jangan sembarang membuang minyak jelantah. Dari hasil penelitian, ternyata minyak jelantah bisa digunakan sebagai penggati minyak solar. Memang kalau mau mengganti minyak solar dengan minyak jelantah, kita perlu menambah sebuah alat pada mesin. Tetapi alata ini sangat sederhana dan tidak mahal. Nama alat itu converter, funsinya sebagai pengubah minyak jelantah sehingga memiliki sifat-sifat menyerupai solar.

Alkohol Dari Singkong
Pernah melihat orang membuat tape singkong ?
mula-mula singkong yang sudah bersih dikukus, lalu ditaburi dengan ragi. Setelah itu tutup dengan daun dan diamkan. Bebrapa hari kemudain singkong itu akan berubah menjadi tape. Proses perubahan singkong menjadi tape ini disebut fermenatasi.
Bila dibiarkan tape singkong ini lama-lama akan berair. Air itu berupa alkohol, 10% alkohol singkong ini bila dicampur dengan 90% bensin akan menghasilkan BBM yang disebut Gasohol. Gasohol itu gabungan dari nama gasoline (bensin) dengan alkohol. Meskipun cuma diperlukan 10% dalam gasohol, tetapi kalau jumlahnya banyak alkohol singkong ini akan sangat membantu menghemat penggunaan BBM.

Tidak ada komentar: